Sabtu, 09 Maret 2013

Mengenal Command Prompt dan Fungsinya

Mungkin banyak yang merasa penasaran dan ingin tahu apa sih command prompt itu? mungkin dalam artikel saya ini, bisa sedikit menjelaskan tentang keingintahuan anda tentang Command Prompt.
Command Prompt adalah sebuah command line (baris perintah) pada sebuah OS (Operating System) berbasis GUI untuk mengesekusi file dengan cara mengetikkan perintahnya pada jendela Command Prompt atau singkatnya cmd.

Ini adalah sistem operasi berbasis baris perintah, karena sebenarnya command prompt atau DOS prompt ini pada awalnya digunakan sebagai sistem operasi, akan tetapi setelah DOS mulai banyak di tinggalkan maka sekarang DOS tetap di integrasikan oleh microsoft pada Windows yang lebih kita kenal dengan nama MS-DOS atau Command Prompt.

Fungsi Command Prompt adalah sebagai berikut :
  1. Meng-handle beberapa masalah saat versi GUI (Grafik User Interface) pada Windows kita bermasalah diakibatkan virus. Seperti hilangnya folder options pada explorer, task manager yang di-disable, tidak bisa membuka  msconfig dan sebagainya. Lebih lanjut kita bisa menangani virus lewat cmd.
  2. Seperti namanya, “Prompt” sendiri arti harafiahnya adalah Quick atau cepat jadi kita bisa mengeksekusi sebuah perintah lebih cepat dengan menggunakan cmd. Selain lebih cepat cmd ini juga lebih ringan dibanding dengan explorer saat melakukan perintah masuk pada direktori tertentu, atau mencari file tertentu.
  3. Kegunaan lain dari Command Prompt ini adalah untuk membiasakan menggunakan command line pada cmd agar nantinya terbiasa dengan server core yang menggunakan OS berbasis text.
Sekian informasi yang bisa saya bagikan pada artikel ini, semoga bermanfaat..!!
Thanks..

Tidak ada komentar:
Write komentar