Rabu, 27 Februari 2013

Mengenal J2SE dan J2ME

Pada tulisan ini kita akan membahas tentang apa itu J2SE dan J2ME. Kita langsung bahas saja ya gan.. :-)

  • J2SE 
J2SE atau Java2 Standard Edition adalah inti dari bahasa pemrograman Java. JDK (Java Development Kit) adalah salah satu tool dari J2SE untuk mengompilasi dan menjalankan program Java. Di dalamnya terdapat tool untuk mengompilasi dan menjalankan program Java dan JRE. Jdk merupakan tool open source dari Sun.


  • J2ME
Java2 Micro Edition atau yang biasa disebut J2ME, adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat yang lainnya. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, Personal Digital Assistants (PDA's) dan sejenisnya.
J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library pada J2SE dapat digunakan pada J2ME, tetapi J2ME memiliki library khusus yang tidak dimiliki J2SE.

Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat.. Trims

Sumber :
Shalahuddin, M. & A.S., Rosa. Pemrograman J2ME (Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile). 2010. Bandung: Informatika.

Tidak ada komentar:
Write komentar