Sabtu, 12 Januari 2013

Mencari nilai Tertinggi, Terendah dan Rata-rata pada Java

Saya akui bahwa dalam mengerjakan ini saya cukup mengalami hambatan. Hambatannya adalah sulitnya untuk mencari contoh yang berkaitan dengan judul ini. Sebelumnya saya mengira bahwa untuk mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata akan sama seperti halnya pada Excel. Eh ternyata berbeda jauh dengan Java. hmmmm..
gagal, gagal dan gagal terus itulah yang saya dapatkan dan sampai akhirnya selesai juga.
:)
saya langsung bagi aja deh..
seperti inilah program yang saya kerjakan..
semoga bermanfaat yahhh.. !! :-)
class nilai{
public static void main(String Arg[]){int nilai[]; int i=0;int jum=0; int rata; int ntt; int ntr;

nilai = new int[10];
nilai[0]=50;
nilai[1]=30;
nilai[2]=80;
nilai[3]=90;
nilai[4]=95;
nilai[5]=40;
nilai[6]=80;
nilai[7]=60;
nilai[8]=70;
nilai[9]=80;
System.out.println("No Nilai ");
System.out.println("---------------------");
ntt= nilai[i];
ntr= nilai[i];
for(i=0; i<=9;i++)
{
if (ntt<nilai[i])
{
ntt= nilai[i];
if (ntr>nilai[i])
{
ntr= nilai[i];
}
System.out.println(i + " " + nilai[i]);
jum+=nilai[i];
}
System.out.println("---------------------");
rata= jum/i;
System.out.println("Nilai Rata-Rata = " + rata);
System.out.println("Nilai Tertinggi = " + ntt);
System.out.println("Nilai Terendah = " + ntr);
}
}
hasilnya akan tampak seperti di bawah ini :

Tidak ada komentar:
Write komentar