Rabu, 16 Januari 2013

Pengertian Basis Data atau Database


Sebelum mengetahui pengertian Basis Data, kita harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dari data.
Data dan informasi merupakan dasar dari pengambilan keputusan. Data adalah fakta mengenai suatu benda, orang, kejadian, entity atau yang sejenisnya. Sedangkan informasi adalah data yang telah diproses dan disusun kedalam bentuk yang lebih berguna yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Data diperoleh dari suatu organisasi ataupun dari luar organisasi.

Basis adalah kumpulan. Dan Data adalah fakta mengenai suatu benda, orang, kejadian dan sebagainya. maka dapat disimpulkan bahwa Basis data adalah himpunan data yang berhubungan yang digunakan bersama oleh berbagai kategori pengguna untuk memenuhi informasi suatu organisasi. Atau dapat juga diartikan sebagai himpunan data yang banyak disimpan pada suatu tempat.
salah satu aplikasi untuk membuat database adalah dengan menggunakan MySQL.
MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

Tidak ada komentar:
Write komentar